Tingkatkan Kualitas SDM, Kemenkop Latih 30 UKM Binaan Kopjas JTS

Mediarakyatnusantara.com, Bogor – Kopjas JTS bekerjasama dengan Kementrian Koperasi RI melakukan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) bidang koperasi dan UKM.


Kali ini Pelatihan Penguatan kapasitas SDM dilakukan bagi 30 UKM binaan Koperasi JTS, yang dilaksanakan selama 3 hari (25 – 27 Oktober 2017) di Ruang Pelatihan Hotel Ria Diani Jl. Raya Puncak Bogor, Jawa Barat. (25/10/2017)


Penguatan SDM ini diperlukan untuk peningkatan daya saing sebagai modal mengembangkan usaha, Diantaranya mencakup berbagai aspek mulai dari pelatihan pengelolaan keuangan, pelatihan dan uji kompetensi berbagai keahlian, dan pelatihan kewirausahaan.


Pelatihan ini resmi dibuka Pejabat kementrian Koperasi yang diwakili oleh Budi Mustofa sebagai Assisten deputi Pengembangan Kewirausahaan.
“Kami akan terus melanjutkan program penguatan kapasitas SDM sehingga berdaya saing dan mampu menjadi wirausaha tangguh,” kata Assdep Pengembangan Kewirausahaan Budi Mustopo pada saat pembukaan acara pelatihan, Rabu (25/10/2017).

Budi menambahkan bahwa ” Para penggiat koperasi khususnya UKM untuk memamfaatkan fasilitas program Pelatihan ini dengan sebaik-baiknya agar ilmu yang didapat bisa berguna didalam penguatan dan pengembangan usaha.”

Pelatihan Peningkatan Kapasitas SDM ini diisi oleh 2 Orang Fasilitator dan Pendamping dari Kemenkop diantaranya Murtiningsih, Kabid Fasilitas sertifikasi SDM KUKM dan Kasubit sertifikasi SDM KUMK, Eni Pristiningsih serta Staff Kemenkop lainnya.

Sementara itu, pelatihan manajemen organisasi dan pengelolaan koperasi dengan peserta 30 orang dan pelatihan Peningkatan Pemahaman Penyuluh bagi PPKL dengan system komputerisasi berbasis aplikasi diisi oleh Suryanto dari dinas koperasi.

Kementerian juga memberikan pelatihan pengembangan SDM KUKM melalui pelatihan dan uji kompetensi bidang koperasi, Pelatihan menyangkut manajemen SDM KUKM berbasis kompetensi bagi kasir dan pelatihan berbasis kompetensi bagi juru buku yang diberikan oleh Halimi Hadi Winata, dinas koperasi semarang.

“Para fasilitator kami siap membantu dan berkomunikasi diluar daripada pelatihan ini, untuk memberi arahan demi kemajukan UKM,” ujar Kabid fasilitas sertifikasi SDM KUMKM, Murtiningsih. (27/10/2017)

Terakhir Acara Pelatihan ini (27/10) ditutup dengan ucapan terima kasih serta diberikannya sertifikat Pelatihan Penguatan SDM KUKM yang diberikan oleh Murtiningsih, kabid fasilitas sertifikasi SDM KUMKM kepada 30 UKM peserta pelatihan. (Heryadi/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *