Program DAU Yang Dilakukan BKM Jakasampurna Dipastikan Rampung Dalam Waktu Dekat

0
61

MRN News, Kota Bekasi – Pembangunan sarana dan prasarana di wilayah, melalui program dari Pemerintah Pusat hampir rampung dikerjakan dan dinilai cukup baik proses pelaksanaannya. Pernyataan tersebut diucapkan Lurah Jakasampurna, Selasa (20/10/2020) siang di depan Kantor Kelurahan Jakasampurna, Kecamatan Bekasi Barat.

“Total seluruh kegiatan yang dikerjakan dari anggaran DAU Tahun 2020 sebanyak 8 titik lokasi pekerjaan, dan 2 titik lainnya akan dikerjakan lusa,” ujar Edi Djunaedi selaku Lurah Jakasampurna, saat di wawancara oleh media ini. 

dok. Foto Lurah Jakasampurna saat memberikan keterangan kepada media terkait program DAU diwilayahnya.

Proses pelaksanaannya sudah cukup baik, sambung Edi Djunaedi, “Mulai dari menampung usulan pekerjaan pada kegiatan muskel (red-Musyawarah Kelurahan) tahun 2019 kemarin, menyaring prioritas pekerjaan yang diusulkan masing-masing Ketua RW yang ada di wilayah, sampai dengan saat ini telah selesai dikerjakan di 6 titik lokasi,” terangnya menambahkan.

dok. Foto kegiatan pembangunan saluran dari DAU

Saat disambangi media ini, Lurah Jakasampurna yang hendak melakukan rapat di luar kantor, masih menyempatkan diri untuk menjelaskan terkait kegiatan pembanguan di wilayahnya. Dipaparkan olehnya bahwa Kelurahan Jakasampurna mendapatkan Dana Alokasi Umum (DAU) tambahan Kelurahan, yang dikucurkan Pemerintah Pusat sebesar Rp. 350 juta di Tahun Angggaran 2020. DAU tambahan ini merupakan tahun kedua anggaran yang diberikan, dari nominal anggaran sebelumnya senilai Rp. 352 juta lebih pada tahun 2019 lalu, atau mengalami penyusutan anggaran yang diberikan. Anggaran tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan Pemerintah Pusat, dalam hal pembangunan dan pemberdayaan masyarakat di wilayah, sehingga manfaatnya pun bisa langsung dirasakan.

Usai mendapat tanggapan dari Edi Djunaedi, Roni selaku Koordinator Badan Keswadayaan Masyarakat (BKM) Kelurahan Jakasampurna melengkapi keterangan yang diberikan Lurah Jakasampurna. Sebagai pelaksana kegiatan, BKM Jakasampurna terlihat sangat paham betul menjelaskan lokasi yang menjadi titik dari setiap pekerjaan.

dok. Foto pekerjaan yang hampir rampung dikerjakan

Dari penjelasan Koordinator BKM Jakasampurna, anggaran DAU tersebut diberikan kepada setiap Kelurahan di Kota Bekasi, sebagai dana tambahan Kelurahan untuk pembangunan dan pemberdayaan di lingkungan masyarakat, “Titik-titik ini ditentukan oleh Lembaga terkait yaitu, Kelurahan, LPM (red – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat), Forum RW, dan BKM, melalui Musyawarah Kelurahan. Kemudian dicari beberapa alternatif yang betul-betul membutuhkan, dari sekian banyak titik yang disepakati awal untuk di survei. Maka dari hasil survei dilapangan, ada sebanyak 8 titik yang disepakati untuk dilaksanakan di DAU Jakasampurna,” jelas Roni, ketika disambangi media di ruang kerjanya, Sekretariat BKM Jakasampurna.

dok. Foto Saat Giat pelaksanaan DAU di salah satu wilayah

Pelaksanaan DAU Tambahan Kelurahan ini dekerjakan secara bertahap, “Tahap pertama sudah dilaksanakan di 4 titik lokasi yaitu, di RT. 02/RW. 02 adalah jalan lingkungan dengan volume 120 x 2,4 x 0,1 meter, yang memiliki pagu anggaran Rp. 50 juta. Kemudian jalan lingkuan lagi di perbatasan antara RT. 03 dan RT. 04/RW. 021 dengan volume 200 x 1,3 x 0,1 meter, jadi setiap jalan lingkungan itu anggarannya sama yaitu Rp. 50 juta. Lalu saluran air di RT. 010/RW. 06B, anggarannya Rp. 37, 5 juta dengan panjang pekerjaan kurang lebih 70 meter, menggunakan bosh beton. Dan pekerjaan yang terakhir pada tahap pertama adalah pekerjaan saluran air, berlokasi di RT. 003/RW. 011 dengan anggaran yang sama menggunakan bosh beton,” terang Roni menjabarkan pekerjaan di tahap sebelumnya.

dok. Foto Koordinator BKM Jakasampurna saat memberi keterangan.

Pada tahap kedua, pelaksanaan pekerjaan tersebut juga dilakukan di 4 titik lokasi. Dimana pekerjaan tersebut membuat saluran air menggunakan bosh beton dengan panjang volume 75 meter, yang berlokasi di antara RT. 002 dan RT. 003/RW. 018, memiliki pagu anggaran sebesar Rp. 37, 5 juta. Selanjutnya pembangunan saluran air juga yang berlokasi di antara RT. 001 dan RT. 007/RW. 001 dengan volume dan pagu anggaran yang sama.

Dan masih ada pekerjaan yang saat ini sedang dikerjakan 1 sampai 2 hari kedepan yaitu pembuatan jalan lingkungan berlokasi di RT. 005/RW. 003 dengan volume 215 x 1,2 x 0,1 dan memiliki pagu anggaran 50 juta. Kemudian pembuatan janlan lingkungan di RT. 007/RW. 004 dengan volume 100 x 3 x 0,1 meter dengan pagu anggaran sebesar 50 juta rupiah. “Jadi sudah 6, tinggal 2 pekerjaan lagi. Dalam minggu ini, Insya Allah semua pekerjaan DAU di Jakasampurna akan selesai,” ungkap Roni mengakhiri.(And)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here