PANAS DALAM DAN MAKANAN YANG HARUS DIKONSUMSI

MRN,-Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah “panas dalam”. Kalau tenggorokan terasa sakit, bibir pecah-pecah, dan muncul sariawan, itu tandanya kamu mengalami panas dalam.

Panas dalam merupakan suatu kondisi medis ketika tubuh manusia merasakan panas yang berlebih, terutama di area saluran pencernaan.

Panas dalam dapat disebabkan karena kekurangan vitamin C, kekurangan serat, kekurangan cairan tubuh (dehidrasi), memakan makanan yang bersifat panas dan berlemak seperti gorengan, atau bahkan karena cuaca panas. Gejala panas dalam dapat juga disebabkan oleh faktor lingkungan dan faktor emosional seperti stres. Stres menyebabkan jam makan jadi kacau, hormon tidak stabil & daya tahan tubuh menurun.

Sariawan, bibir pecah-pecah dan nyeri tenggorokan  merupakan gejala khas yang Anda rasakan ketika panas dalam. Namun, Seseorang yang mengeluh gejala ini sering kali tidak demam. Suhu tubuhnya normal ketika diukur menggunakan termometer. Definisi panas dalam setiap orang bisa berbeda karena penyebabnya bisa berbeda-beda pada setiap orang.

GEJALA PANAS DALAM ;

1.Gangguan Pencernaan

2.Sakit Tenggorokan

3.Sariawan

4.Bibir Pecah-pecah

5.Bau mulut

6.Tubuh lemah dan lemas

CARA MENCEGAH PANAS DALAM

 Perhatikan Jam Makan Anda

Pastikan Anda makan tepat waktu. Hal ini berlaku terutama bagi Anda yang memiliki gangguan asam lambung. Telat makan bisa menimbulkan gangguan pada lambung atau naiknya asam lambung hingga ke daerah dada atau tenggorokan. Hal ini yang sering menyebabkan banyak orang merasa terkena gejala yang memiliki rasa sakit, perih, dan panas terbakar di tenggorokan atau dada.

 Pilihlah Menu Makanan

Batasi makanan-makanan yang digoreng dan hindari makanan yang terlalu pedas. Gorengan dan makanan yang pedas sering kali menyebabkan luka atau iritasi pada tenggorokan. Peradangan tersebut akan menyebabkan munculnya gejala seperti sakit tenggorokan atau sariawan. Terlalu banyak makanan yang berminyak juga tidak baik untuk kesehatan Anda.

 Rutin Berolahraga

Gejala panas dalam bisa saja terjadi karena sistem tubuh Anda yang lemah sehingga menyebabkan sakit tenggorokan atau sariawan. Olahraga menurut penelitian bisa meningkatkan daya tahan tubuh Anda sehingga membuat sistem kekebalan tubuh Anda lebih baik. Pastikan juga Anda bisa mengelola stres Anda karena tekanan ini bisa menurunkan daya tahan tubuh.

MAKANAN YANG BAIK DIKONSUMSI SAAT PANAS DALAM

Pisang

Pisang mengandung sifat antasid di dalamnya. Zat ini membantu untuk menyembuhkan rasa mulas di perut.

Jeruk

Selain kaya akan vitamin C, jeruk juga memiliki sifat antasida yang berasal dari asam askorbat. Kandungan ini mampu mengurangi asam di dalam perut.

Kubis

Kubis atau kol mengandung serat yang berfungsi untuk menyerap asam di dalam tubuh.

 YogurtYogurt baik untuk kesehatan pencernaan Anda karena kaya akan anti oksidan dan kalsium. Pencernaan yang baik dapat menghindarkan Anda dari penyakit panas dalam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *