PASANG IKLAN SEGERA
Pemerintahan

Masyarakat Kp. Picung Pasar Kemis Minta Pabrik Besi Xin Xing Steel Dihentikan

Tangerang.mediarakyatnusantara.com,- Berawal dari meledaknya tungku peleburan besi yang meledak pada tanggal 5 januari yang lalu yang mengakibatkan kerusakan pada rumah warga yang berada sekitar pabrik membuat warga melakukan protes dan meminta agar pabrik besi Xin Xing Steel diberhentikan atau ditutup. hal ini dikarenakan sudah sejak lama keberadaan pabrik Xin Xing Steel banyak menimbulkan kerusakan pada lingkungan seperti halnya meledaknya tungku, polusi udara, pembuangan limbah tidak pada tempatnya yang dibuang pada saluran pembuangan air warga, serta kebisingan dan suara dentuman yang sangat mengganggu apalagi jam kerja yang diterapkan tidak menentu bahkan hingga 24 jam.

Al haetomi sebagai kepala desa Pasar Kemis memprakarsai dan memediasi masalah tuntutan warga ini untuk diselesaikan di balai desa Pasar Kemis (09/01). yang menghasilkan kesepakatan bahwa pihak perusahaan untuk menghentikan segala bentuk kegiatan operasional didalam pabrik atau dihentikan sementara. Pada musyawarah warga dan pihak perusahaan tampak dihadiri oleh pihak Polsek Pasar kemis yang wakili oleh Binamasnya juga dari pihak kecamatan yang diwakili oleh Kasi Satpol PP dan juga Koramil yang diwakili oleh Babinsa.

Dalam pernyataannya pihak kepolisian yang diwakili oleh Binamas A. Mukjizat mengatakan “Belum ada putusan Final antara tuntutan warga dengan pihak perusahaan dan keputusan ini hanya bersifat sematara , hanya akan menghentikan kegiatan perusahaan dalam waktu yang belum ditentukan sampai menunggu hasil musyawarah berikutanya”.kata Mukjizat.

Hal yang sama juga dikatakan oleh Al Haetomi sebagai Kepala Desa PasarKemis yang mengatakan akan berusaha memenuhi apa yang dituntut oleh warganya.”Saya harus melindungi warga saya dari pencemaran lingkungan yang meresahkan warga disekitar perusahaan tersebut dan mengikuti apa yang diinginkan warga” kata Al Haetomi.

Sedangkan dari pihak perusahaan yang diwakili oleh Ridwan mengatakan pihak perusahaan siap mengganti kerusakan yang terjadi di masyarakat serta akan memperbaiki infrastruktur penunjang kerja didalam perusahaan, sambil menunggu hasil musyawarah berikutnya serta menunggu hasil investigasi dari pihak kepolisian.

Dari pemantauan mediarakyatnusantara.com dilapangan memang kerusakan lingkungan tampak terjadi diwilayah sekitar RT 04 dan RT 05 RW 005 Kp. Picung. kerusakan yang tampak adalah terjadi pada saluran air yang menghitam serta dinding –  dinding rumah warga yang juga turut menghitam serta timbulnya penyakit ISPA pada beberapa warga akibat polusi yang ditimbulkan oleh perusahaan Xin Xing Steel. Warga masyarakat sekitar perusahaan berharap adanya tindakan dari pihak terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup agar turun ke lapangan untuk meneliti pencemaran yang terjadi.(Jokotri)

redaksi

Contact : 081286692229

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close
Open chat
ada yang bisa saya bantu
Ada yang bisa kami bantu..?