CARA ALAMI SEMBUHKAN PENYAKIT GONDOK

0
72

Kelenjar tiroid adalah organ berbentuk kupu-kupu yang terletak tepat di bawah jakun. Kelenjar ini memiliki fungsi penting, yaitu untuk memproduksi hormon tiroid yang berperan dalam berbagai proses-proses kimiawi yang terjadi dalam tubuh.

Pada kondisi normal, kinerja kelenjar tiroid cenderung tidak kita sadari sama seperti organ-organ dalam yang lain. Tetapi jika terjadi pembengkakan, kelenjar tiroid akan membentuk benjolan pada leher. Inilah yang disebut gondok.

Terdapat dua jenis gondok, yaitu gondok difus dan nodul. Pengelompokan ini berdasarkan tekstur benjolannya.penyakit-gondok

Benjolan pada gondok difus terasa mulus saat disentuh. Sementara pada gondok nodul, benjolan terasa tidak rata dan bergumpal. Permukaan yang tidak rata tersebut disebabkan oleh adanya satu atau lebih bintil-bintil kecil yang padat atau berisi cairan dalam benjolan.

Gondok dapat ditangani dengan beberapa cara. Penentuan langkah ini tergantung pada beberapa faktor, yaitu ukuran benjolan, gejala yang dirasakan, serta penyebab dasar terjadinya gondok.

Benjolan yang kecil dan tidak menyebabkan gejala umumnya tidak langsung ditangani. Dokter akan memantau perkembangan kondisi Anda sebelum melakukan tindak lanjut karena gondok Anda mungkin bisa sembuh tanpa membutuhkan penanganan.

Jika benjolan terus membesar hingga mengganggu kondisi kesehatan pasien, ada beberapa langkah pengobatan yang dapat diambil. Metode-metode penanganan yang akan dianjurkan oleh dokter meliputi: obat poenurun hormon tiroid,   ,terapi penggantian hormon , serta terapi iodin radioaktif dan operasi.

Namun disamping langkah-langkah tersebut ada juga pengobatan secara alami yaitu

  1. Memakai Belimbing WuluhHerbal ini bisa menangani penyakit gondok lewat cara seperti berikut :
    10 ranting muda beserta daun belimbing wuluh, 4 siung bawangmerah.
    Belimbing wuluh dan bawang merah dicuci bersih, lantas ditumbuk halus.
    Basalurkan ramuan tersebut di tempat yang sakit.

    2. Memakai Tanaman Ciplukan
    Herbal ini bisa mengatasi penyakit gondok dengan cara seperti berikut :
    9­15 gr tanaman ciplukan serta 4 gelas air.
    Tanaman ciplukan di rebus dalam 4 gelas air hingga tersisa 2 gelas.
    Sesudah dingin airnya diminum 2 x sehari semasing satu gelas.

Selamat mencoba. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here